Blog Image

Blog

Yeppeuni, Orang yang Semangat Bangun Pagi Ternyata Lebih Sukses Lho!

April 4, 2019
/
Lifestyle
Yeppeuni, Orang yang Semangat Bangun Pagi Ternyata Lebih Sukses Lho! image

Beberapa orang memilih bangun lebih siang untuk sekedar mencukupi kebutuhan tidurnya, atau bermalas-malasan di tempat tidur, beberapa lainnya memilih untuk bangun pagi karena alasan kesibukan yang siap mereka songsong. Mereka yang bangun pagi inilah yang kerap disebut sebagai orang yang bersemangat.

Padahal tidak hanya itu, dilansir dalam Moneyish, penulis buku motivasi perempuan Laura Vanderkam, menyebut jika orang yang bangun pagi cenderung punya semangat yang lebih tinggi, fokus dan perencanaan yang lebih matang.

Hal inilah yang membuat mereka cenderung lebih sukses, baik dalam urusan karier ataupun kehidupan. Selain itu, mereka pun cenderung lebih siap menyongsong hari yang lebih baik.

Sebagai buktinya, beberapa pengusaha sukses, seperti Richard Branson, pemilik Virgin Group, Jack Dorsey, Co-founder Twitter hingga Tim Cook, CEO Apple, dikenal memiliki kebiasaan yang sama, yakni bangun tidur sebelum sebelum matahari terbit.

Tidak langsung bekerja, mereka bangun pagi untuk sekedar menikmati secangkir kopi, kemudian berolahraga hingga bermeditasi. Mereka pun kebanyakan percaya jika saat bangun pagi, pikiran akan lebih fokus dan mereka pun siap untuk ide-ide briliant demi perusahaannya.

Bangun Pagi Bikin Lebih Bahagia

Menurut penelitian yang dilakukan Asosiasi Psikologi Amerika, menyebut jika orang yang biasa bangun lebih pagi, cenderung memiliki mood dan konsentrasi yang lebih tinggi. Hal ini umumnya disebabkan karena paparan sinar matahari pagi yang terbukti ampuh menurunkan rasa stres.

Sementara menurut ahli biologi Christoper Randler, mereka yang bangun pagi cenderung lebih proaktif dalam segala hal, memiliki ide yang lebih segar dan lebih sukses dalam berkarier. Pada gilirannya, efek positif inilah yang membuat hidup mereka lebih tenang dan bahagia.

Klaim ini sendiri diambil setelah Randler meneliti sebanyak 350 mahasiswa, kemudian membandingkan prestasi akademik dan kebiasaan mereka bangun pagi. Penelitian ini diterbitkan dalam Journal of Applied Social Psychology.

Mengenai waktu ideal bangun di pagi hari, Randler menegaskan jika bangun pagi sebaiknya dilakukan sebelum matahari terbit. Kalau di Indonesia, rata-rata sekitar jam 5 pagi. Gimana dengan kamu Yeppeuni, biasanya jam berapa kamu bangun?

from has purchased
about ago