Blog Image

Blog

Tidak Cuma Baik untuk Kesehatan Tubuh, Salmon Juga Bermanfaat untuk Kulit Yeppeuni.

April 8, 2019
/
Lifestyle
Tidak Cuma Baik untuk Kesehatan Tubuh, Salmon Juga Bermanfaat untuk Kulit Yeppeuni image

Tidak hanya lezat, dan punya segudang manfaat untuk kesehatan, ternyata ikan salmon punya khasiat yang luar biasa untuk kecantikan. Hal tersebut tidak lepas dari 3 jenis asam lemak yang terkandung di dalamnya, yakni alpha-linolenic acid (ALA), docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA).

Seperti dilansir dalam Daily Mail, sebuah catatan ilmiah dari Journal of Lipid Research 2005, menyatakan jika kandungan EPA dalam ikan salmon, efektif melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV, dan mampu memperlambat datangnya keriput.

Dalam sebuah penelitian, disebutkan jika sinar UV memiliki kemampuan untuk melepaskan enzim tertentu yang bisa merusak lapisan kolagen dalam tubuh. Nah, kolagen ini sendiri merupakan jaringan ikat yang efektif untuk menjaga kulit tetap kenyal, mencegah timbulnya kerut dan kulit kendur.

Nah, kandungan EPA inilah yang diketahui mampu memblokir pelepasan enzim tersebut, hingga akhirnya mampu memperlambat datangnya proses penuaan kulit. Tidak hanya itu, EPA pun berfungsi sebagai antioksidan dan anti-inflamasi, yang mampu mencegah kerusakan akibat sinar UV.

Dalam keterangannya, Dr. Perricone, dermatolog asal Amerika Serikat, menyatakan jika rutin konsumsi ikan salmon, efektif untuk mendapatkan kulit yang indah dan sehat. Tidak hanya itu, ikan salmon pun sudah terbukti ampuh untuk mengurangi risiko eczema dan rosacea.

Tidak hanya baik untuk kulit, ikan salmon pun efektif untuk memperindah rambut. Bahkan sebuah penelitian dari Demartology Clinics ditahun 2013, menyatakan jika kandungan Omega 3 dalam ikan salmon sangat baik untuk menutrisi rambut, sehingga rambut kamu pun akan lebih kuat dan berkilau.

Bagaimana cara memanfaatkannya?

Seperti kita ketahui, ikan salmon merupakan jenis bahan makanan yang bisa diolah jadi menu makanan apa saja. Nah, agar khasiatnya lebih maksimal, sangat disarankan untuk mengonsumsi ikan salmon dengan cara dibuat jadi sayur atau ditumis bersama dengan sayuran lainnya.

Kalau kamu lebih suka digoreng, kalian bisa menggoreng ikan salmon ini. Tapi ingat, asam lemak tak jenuh dari minyak goreng sangat nggak baik buat kesehatan, terutama minyak bekas atau jelantah. Jadi, usahakan kamu gunakan minyak baru untuk menggorengnya.

Kalau ingin lebih instan, kamu bisa mengonsumsi suplemen atau minyak ikan salmon. Saat ini sudah banyak produk minyak ikan yang dijual di toko-toko obat atau apotek terdekat. Bagaimana, menggiurkan bukan? So Yeppeuni, Yuk kita budayakan konsumsi ikan salmon, minimalnya 2 kali dalam seminggu!

from has purchased
about ago