Blog Image

Blog

Amankah Aplikasi Make Up dengan Jari Tangan?

April 5, 2019
/
Beauty Tips , Make Up
Amankah Aplikasi Make Up dengan Jari Tangan? image

Walaupun sudah ada spons, kuas atau Beauty Blender lainnya yang bisa diandalkan sebagai aplikator makeup, tetap saja banyak wanita yang menggunakan tangan untuk mengaplikasikan makeup. Alasannya beragam, dari mulai mudah digunakan, hingga merasa kurang terampil dengan alat-alat tersebut.

Tidak hanya itu, banyak yang beranggapan jika dengan menggunakan tangan, pengaplikasian makeup dinilai jadi lebih efisien. Buktinya, sejumlah makeup artist pun lebih memilih mengaplikasikan foundation dan eyeshadow dengan memakai jari tangannya.

Contohnya saja Aaliyah Jay. Pakar makeup, sekaligus vlogger kecantikan ini kerap memberikan tutorial makeup dengan menggunakan jari tangan, bahkan ketika dia memulaskan eyeliner dan sejumlah makeup item lainnya. Hasilnya? Jangan ditanya, fantastis banget lho!

Tapi yang jadi masalah, apakah cara tersebut aman?

Menanggapi hal ini, Dr. Tsippora Shainhouse, seorang dermatologi ternama, menyebutkan jika sebagian produk skin care dan makeup memang lebih baik jika diaplikasikan dengan tangan. Walaupun begitu, bukan berarti kamu harus terus menerus menggunakan tangan sebagai makeup aplikaor.

Pasalnya, kamu harus mewaspadai bakteri yang menempel di tangan, yang nantinya akan mencemari kulit wajahmu. Jelas ini bukan hal yang bagus bagi kulitmu. Bagaimanapun juga, kulit wajah itu sangat sensitif, dan berisiko besar menimbulkan jerawat.

Seperti dilansir dalam marieclaire.com, Dr. Tsippora menyebutkan beberapa produk makeup yang biasa digunakan dengan tangan, yakni serum, sunscreen, moisturizer dan primer. Walaupun begitu, untuk produk makeup lainnya, sebaiknya diaplikasikan dengan menggunakan kuas atau spons makeup.

Lebih lanjut lagi, Dr. Tsippora mencontohkan beberapa produk makeup, seperti BB Cream, akan memberikan hasil yang lebih flawless ketika diaplikasikan dengan menggunakan spons atau beauty blender lainnya. hal ini pun berlaku bagi eyeshadows, eyeliner, blush on, lipstik dan lainnya.

Kalau memungkinkan, kamu bisa menggunakan pump untuk mengaplikasikan foundation dan concealer. Hal ini dilakukan agar kamu tidak langsung mengambil produk tersebut dengan menggunakan jari. Setelah itu, baurkan dengan menggunakan spons.

Jaga kebersihan

Selain mengurangi penggunaan jari untuk mengaplikasikan makeup, kamu pun wajib untuk menjaga kebersihan produk makeup aplikator dan beauty blender, seperti spons, brush dan lainnya. Caranya, cuci bersih kuas makeup seminggu sekali dengan menggunakan sabun khusus atau shampo.

Khusus untuk spons, selain rutin mencucinya dengan air hangat dan sabun, sebaiknya ganti produk ini secara berkala, minimalnya sebulan sekali. Jaga juga penyimpanannya agar terbebas dari debu dan tempatkan di tempat yang kering untuk mengurangi kemungkinan berkembangnya bakteri.

Ingat Yeppeuni, cantik merupakan hal yang membanggakan. Tapi semua itu nggak akan berarti apa-apa kalau kulit kamu malah jadi rusak karena perawatan yang salah.

from has purchased
about ago